A. KRISHAND
Software Krishand
PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll,
Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax /
Krishand PPh 21 merupakan software database yang membantu Anda di dalam
mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini,
persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu
dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik
ataupun kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar
software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak
laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data
yang telah diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal
mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan
kebutuhan perusahaan Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau
Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara
otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan dari file
Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
KELEBIHANNYA :
1. | Cepat dan Akurat |
Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara manual.. | |
2. | Praktis |
Dapat mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak. | |
3. | Review setiap saat |
Memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas. | |
4. | Up to Date |
Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir. | |
5. | Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu. |
- Efisien dan mudah digunakan
- Kemampuan reporting yang kompeten
- Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi penuh
- Support Windows dan Linux
- Kombinasi desktop base dan web base
- General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
- Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1. Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2. Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3. Kepemilikan
yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan
pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan
oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4. Tidak adanya dukungan komersial.
5. Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6. Usabilitas yang masih kurang baik.
7. Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
B. ACCURATE V3 Standard
Software
akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory,
dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami
memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke
dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur
yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini
adalah:
1. Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3. Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
KELEBIHANNYA :
1. Customer & Vendor
- Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2. Purchase Order
- Ada penambahan field Terms, dan FOB
3. Purchase Invoice
- Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4. Receive Item
- Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
5. Purchase Return (d/h: Debit Memo)
- Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
6. Vendor Payment (d/h: Make Payment)
- Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
7. Sales Order
- Ditambahkan field Salesman
8. Sales Invoice / Delivery Order
- Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
KEKURANGANNYA :
1. Single login. Hanya bisa login menggunakan user supervisor.
2. Membuka database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3. OEM license, tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4. Tidak untuk pemakaian multiple user, tidak diperbolehkan menambah license.
5. Tidak mendapat diskon untuk major upgrade atau trade-in.
C. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah
program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus untuk
kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi
karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup
diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses
pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan
yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System memberi
pilihan untuk anda yang akan melakukan komputerisasi karena K-System
adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan
sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya.
K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System sedang
dikembangkan ke Web Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi
perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma2 dan dapat
pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar
K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan
komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan perusahaan.
D. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah
sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan
telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi
kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat
dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP
memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang
terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja
yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi
penggunanya.
KELEBIHANNYA :
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaituFinancial Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk
menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan
solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul
finansial meliputi:
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
KEKURANGANNYA :
1. Hanya
1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika
digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus
diganti.
2. Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3. Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4. Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.
E. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your
Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara
terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi
akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media
formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan
memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh
catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting
dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa,
dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta
usaha-usaha yang lain.
Software ini
dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara,
baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB
Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di
antaranya:
KELEBIHANNYA :
5. User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
6. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
7. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
8. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
9. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
10. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
11. Mudah
dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan
mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi
langsung dalam pengelolaan perusahaan.
12. Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1. Tidak ada
module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk
mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
2. Tidak ada
module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan
modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add
on lagi
3. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4. Tidak
dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya
laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan
menggunakan MYOB.
5. database
MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan
server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data
lebih realistis.
Comments
Post a Comment